Minggu, 20 November 2011

Mengecek Kata Kunci di Google Trends dan Google Suggest

Menyambung Postingan saya sebelumnya tentang Pemilihan Topik Blog. Ada perlunya sebelum kita memilih topik untuk blog perlu kita analisis mengenai seberapa banyak orang yang mencari kata kunci yang kita pakai dan darimana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Hal ini sangat berguna sebagai bahan pertimbangan untukmu dalam memilih topik
blog di Search Engine Google.
 Untuk ini Mbah Google memiliki tool penunjangnya. oke langsung saja bos meluncur ke:

* Kemudian akan muncul tampilan form yang mirip form pencarian google. 
* Masukkan kata kunci topikmu
* klik Search

Misalnya kamu masukkan kata kunci: internet marketing
Berikutnya akan muncul hasil dari trend pencarian kata kunci tips handphone
Lihat Keterangan Region / Daerah di bawah

Disana kamu bisa melihat kata kunci tersebut banyak diakses dari negara dan kota mana saja. Dengan mengetahui pangsa pasar, kita bisa memutuskan memakai bahasa apa blog kita.

Kita juga bisa memasukkan beberapa kata kunci sekaligus untuk perbandingkan
Caranya masih seperti contoh diatas. Tinggal kita tambahkan kata kunci lainnya yang berbeda dalam satu form pencarian dipisah dengan koma(,). Contohnya:  
internet marketing, tips internet, berita internet
kemudian klik Search

Akan tampil hasil yang sedikit berbeda dengan saat kita memasukkan satu kata kunci. Perhatikan ada tiga warna yang berbeda beserta keterangannya. Sekarang kita bisa bandingkan kata kunci yang lebih pas untuk blogmu. Ternyata kata kunci internet marketing yang paling banyak dicari dibandingkan dengan dua kata kunci lain.

Disisi lain kita juga perlu mengetahui seberapa banyak pesaing-pesaing kita yang memakai kata kunci yang sama. Untuk itu langsung saja bos kita meluncur ke google suggest

Kemudian kita lihat muncul tampilan seperti mesin pencari google biasa, tetapi coba kamu masukkan kata kunci "internet" ke form pencarian. 

Saat kamu memasukkan kata "internet" , Google menyarankan beberapa kata kunci terkait. Dari hasilnya dapat kita lihat kata kunci banyak dicari adalah"internet explorer". Tapi jangan tertipu hasilnya bukan berarti pencarian paling banyak adalah kata kunci terbaik untukmu. Semakin tinggi angkanya maka semakin banyak pesaingmu memakai kata kunci yang sama. Harus pintar-pintarlah kita mencari kata kunci yang cocok. Paling tidak , hasil pencariannya di kisaran 1 sampai 5 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar