Minggu, 20 November 2011

Pengertian Niche Blog

Niche adalah sesuatu yang terfokus atau spesifik. Niche Keyword adalah keyword atau kata kunci yang spesifik, Niche Blog adalah blog yang membahas tentang sesuatu yang spesifik bukan bersifat umum atau blog dengan membidik target pasar (Niche Market)tertentu dan spesifik


Niche Market adalah target pasar yang dibidik sangat spesifik. 

Agar tidak terlalu membingungkan, kita ambil contoh keyword : Sepatu. Jika di lihat dari segi Niche, Sepatu belum memenuhi syarat Niche karena masih umum. Lalu yang bagaimana yang termasuk Niche. Yang termasuk niche itu yang lebih spesifik, misal Sepatu kulit Cibaduyut, Sepatu Olah raga adidias, Sepatu Futsal adidas dan lain sebagainya. 

Suatu blog dengan pembahasan yang spesifik mempunyai target pengunjung tersendiri, dan umumnya lebih mudah mendapatkan visitor tertarget di bandingkan dengan blog yang umum. Yang sangat penting untuk di perhatikan adalah anda harus jeli dalam memilih niche, niche apa yang banyak di cari orang namun sedikit kompetitornya di search engine. Untuk mengetahui ini semua, anda perlu mengadakan riset menggunakan tool keyword riset. Tool seperti ini banyak bertebaran di internet baik yang berbayar ataupun yang gratis. 

Tool untuk tujuan keyword riset gratisan yang banyak digunakan adalah Google AdWords Keyword Tool. Untuk tool-tool yang lain, anda tinggal mencari di google dengan kata kunci seperti "Keyword tool", "Keyword Suggestion tool" dan lain sebagainya.
 
Adapun Keuntungan membuat blog yang Niche 

1. SEO Friendly
Sudah lazim bahwa mesin pencari lebih menyukai blog yang bertopik khusus dan konten relevan yang berhubungan dengan sata sama lain. dengan membuat niche blog, secara tidak langsung anda telah melakukan teknik optimasi mesin pencari yang cukup penting.

2. Menjadi spesialis
Memiliki sebuah niche blog memungkinkan sobat untuk benar-benar fokus pada satu topik dan menjadi ahli dalam bidang tersebut. seiring berjalannya waktu, anda akan mampu meningkatkan kuantitas, kualitas, dan kedalaman dalam topik yang sobat pilih.

3. Mempunyai pembaca setia
Niche blog lebih berpotensi memikat pembaca-pembaca setia karena ketika seseorang mengunjung blog yang bertopik khusus, ia bakal segera tahu bahwa ia akan mendapatkan informasi yang benar-benar dibutuhkan.

4. Mempunyai lebih banyak ide artikel
Dengan mempunyai topik yang khusus tentunya sobat bisa memfokuskan diri hanya topik tersebut dan mengeksporitasi ide-ide artikel untuk blog sobat secara mendalam. alhasil, mempunyai lebih banyak postingan yang bisa anda tulis untuk blog sobat.

5. Menjaring program iklan
Berbagai program iklan (contohnya google adsense) tentunya akan memberikan peluang yang lebih jauh lebih besar kepada blog yang mempunyai topik yang khusus dibanding blog gado-gado, semakin spesifik dan relevan iklan sobat. semakin besar pula iklan sobat akan diklik oleh pengunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar